Menjawab Pertanyaan No. 4 Bab II Pada buku Metode Penelitian Bisnis (Donald R. Cooper & Pamela S. Schindler) Edisi 12
Sabtu, 02 April 2022
Add Comment
SupplyCo. adalah pemasok ke sejumlah perusahaan dalam suatu industri. Industri ini memiliki struktur yang mencakup pemasok, produsen, distributor, dan konsumen. Beberapa perusahaan terlibat dalam proses manufaktur—dari bagian yang diproses hingga pembuatan produk akhir—dengan masing-masing perusahaan menambahkan beberapa nilai pada produk. Dengan hati-hati menambang gudang data pelanggannya, SupplyCo. mengungkapkan model baru yang masuk akal untuk membuat dan mendistribusikan produk industri yang akan meningkatkan efisiensi keseluruhan sistem industri, mengurangi biaya produksi (menghasilkan keuntungan industri yang lebih besar dan lebih banyak penjualan untuk SupplyCo.), dan menghasilkan penjualan dan laba yang lebih besar. untuk beberapa produsen industri (pelanggan SupplyCo.).
Di sisi lain, menerapkan model tersebut akan merugikan penjualan dan keuntungan perusahaan lain yang juga merupakan pelanggan SupplyCo. tetapi tidak dalam posisi (karena tenaga, pabrik, atau peralatan) untuk mendapatkan manfaat dari model baru. model produksi/distribusi. Perusahaan-perusahaan ini akan kehilangan penjualan, keuntungan, dan pangsa pasar dan berpotensi gulung tikar. Apakah SupplyCo. memiliki kewajiban untuk melindungi kepentingan semua pelanggannya dan tidak mengambil tindakan yang akan merugikan salah satu dari mereka, karena SupplyCo. memiliki data di dalam gudangnya hanya karena hubungannya dengan pelanggannya? (Ini akan mengkhianati beberapa pelanggannya jika menggunakan data dengan cara yang akan membahayakan pelanggan ini.) Atau apakah ia memiliki kewajiban yang lebih kuat kepada pemegang saham dan karyawannya untuk secara agresif mengejar model baru yang menurut penelitian akan secara substansial meningkatkan penjualan, laba, dan pangsa pasarnya terhadap pesaing?
A. Apa keputusan yang paling bijaksana SupplyCo. Dapat membuat tentang tanggung jawabnya untuk dirinya sendiri dan orang lain?
Menurut saya keputusan SupplyCo untuk menambang data pelanggannya sangatlah tidak etis, karena tidak sesuai dengan pedoman moral etika penelitian. Dalam pedoman moral etika penelitian disebutkan bahwa penelitian harus mempertimbangkan untuk melindungi hak-hak peserta dan subjek penelitian. Namun yang dilakukan SupplyCo malah sebaliknya, melakukan penambangan data pelanngan yang dapat merusak pedoman yang seharusnya dijalankan.Keputusan bijaksana yang harusnya diambil oleh SupplyCo tentunya dengan melakukan penelitan dengan mengedepankan perlindungan atas hak-hak peserta dan subjek penelitian. Dengan demikian pelanggan SupplyCo tidak harus dirugikan dengan keputusan sepihak yang diambil oleh tim peneliti SupplyCo. Jika hubungan pelanggan dan perusahan terjalin dengan baik tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak. Artinya SupplyCo harus lebih bijak dalam menentukan strategi untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan mereka.
B. Apa implikasi dari keputusan tersebut meskipun tidak ada pelanggaran hukum atau peraturan?
Meskipun keputusan yang diambil oleh SupplyCo tidak termasuk dalam pelanggaran hukum, namun keputusan yang diambil menyalahi etika. Etika dalam bisnis sangat penting untuk mempererat jalinan kerjasama antara kedua belah pihak.Dampak yang bisa ditimbulkan akibat keputusan SupplyCo mungkin tidak akan terlihat dalam waktu dekat. Dalam waktu dekat SupplyCo mungkin akan berhasil dalam meningkatkan penjualan dan laba mereka. Namun dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan penurunan kepercayaan pelanggan kepada SupplyCo. Hasilnya tentu saja akan merugikan SupplyCo sendiri. Apalagi jika suatu saat muncul pesaing baru yang lebih bisa memperlakukan pelanggan dengan semestinya, secara perlahan pelanggan SupplyCo akan beralih ke perusahaan lain. Tentu saja ini menjadi keputusan yang sangat buruk yang telah diambil oleh SupplyCo, karena membangun kepercayaan bukanlah suatu hal yang mudah.
Ditulis oleh : Irfan Mahdi (19.01.55.0046)
0 Response to "Menjawab Pertanyaan No. 4 Bab II Pada buku Metode Penelitian Bisnis (Donald R. Cooper & Pamela S. Schindler) Edisi 12"
Posting Komentar